Kamis, 24 Januari 2013

wortel


Wortel

Wortel...siapa yang tidak kenal wortel. Sering dijumpai di pasar atau bila kita berbelanja di supermarket. Berwarna orange menyala dan biasa di buat jus atau di sayur. Khasiat wortel banyak contohnya untuk kesehatan mata. Makanan kesukaan dari tokoh kartun ini akan kita bahas disini dimulai dari bentuk hingga manfaat dari wortel tersebut.

Wortel adalah tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk berbunga pada tahun kedua. Wortel (daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Berbicara wortel maka akan saya paparkan beberapa kandungan gizi dalam wortel. Kandungan gizi wortel berupa beta karoten, memiliki fungsi yang sangat luar biasa terhadap radikal bebas yang sering kali menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Selain itu dalam wortel ada juga manfaat yang akan diperoleh jika mengkonsumsi wortel. Berikut saya paparkan manfaat dari wortel tersebut :
·         Mencegah penyakit jantung
·         Mencegah kanker
à beta karoten telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker, terutama kanker paru-paru.
·         Degenerasi makula
à penyakit mata umum lansia.
·         Meningkatkan penglihatan
·         Mencegah stroke
à dapat mengurangi resiko stroke hingga 68 persen.
·         Mencegah diabetes
à baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid dalam wortel.

Begitulah ulasan saya mengenai wortel dari kandungan gizi hingga manfaat dari wortel itu sendiri. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

Sumber referensi
·         http://infosehatz.blogspot.com
·         http://www.artikelwortel.com/2012/11/kandungan-gizi-wortel.html
·         http://www.sarjanaku.com/2011/09/manfaat-wortel-bagi-kesehatan-serta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar