Minggu, 20 Januari 2013

Sistem Operasi


Sistem Operasi

Sistem Operasi (Operating System (OS)) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Ada juga yang mengatakan bahwa Sistem Operasi adalah sebuah antar muka antara hardware dan software dalam sistem komputer. Selain itu Sistem Operasi berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Sistem Operasi bertanggung jawab atas pengelolaan dan koordinasi kegiatan dan berbagi dari keterbatasan sumber daya dari komputer. Tujuan utama dari Sistem Operasi adalah untuk menangani secara rincian operasi perangkat keras. Tanpa Sistem Operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer, kecuali program aplikasi booting.
 










Sistem Operasi secara umum terbagi dari beberapa bagian :
·         Mekanisme Boot à meletakkan kernel ke dalam memori.
·         Kernel à inti dari sebuah Sistem Operasi.
·         Command Interpreter atau Shell à bertugas membaca input dari pengguna.
·         Pustaka-pustaka à yang menyediakan kumpulan fungsi dasar & standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
·         Driver à untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrilnya.
Biasanya Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu bersamaan. Sistem Operasi ini disebut Multi-tasking Operating System.

Tipe sistem Operasi :
·         Desktop OS à Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks serta inputnya tergantung pada input pengguna.
·         Real-Time OS à Sistem Operasi berukuran kecil sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali.

Sumber Referensi

2 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai jaringan komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6158/1/jurnal%20pdf.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus