Sistem Pakar
Sistem Pakar adalah program
komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia
mengenai suatu bidang spesifik. Ada juga yang mengatakan bahwa Sistem Pakar
merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang berisi kombinasi pemahaman
teoritis tentang suatu persoalan heuristik yang dikembangkan oleh manusia untuk
dapat memecahkan problema pada suatu domain yang spesifik. Dikembangkan pada
dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersil selama 1980-an.
Bentuk umum Sistem Pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set
aturan yang menganalisis informasi mengenai suatu kelas masalah spesifik serta
analisis matematis dari masalah tersebut.
Tujuan dari sebuah Sistem
Pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar ke dalam
komputer dan kemudian kepada orang lain. Sistem Pakar terdiri dari 3 komponen
utama :
·
Knowledge Base
Ä Bagian dari sistem pakar
yang berisi domain pengetahuan.
Ä Berisi pengetahuan yang
digunakan sistem pakar.
Ä Terdiri dari 2 elemen dasar
:
Ø Fakta à situasi masalah dan teori yang terkait.
Ø Heuristik à yang langsung menggunakan pengetahuan untuk
menyelesaikan masalah khusus.
·
Working Memory
Ä Bagian dari Sistem Pakar
yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi.
Ä Berisi fakta-fakta tentang
suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi.
·
Inference Engine
Ä Processor pada Sistem Pakar
yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memory dengan domain
pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari
masalah yang dihadapi.
Ä Proses berpikir pada manusia
dimodelkan dalam sistem pakar pada modul yang disebut Inference Engine
Ä Menggambarkan kesimpulan
yang dihasilkan oleh Sistem Pakar.
Karakteristik Sistem Pakar
dengan perangkat lunak lainnya :
·
Terdapat banyak kemungkinan jawaban
·
Data kabur
·
Heuristik
·
Fasilitas informasi
Sistem Pakar bisa disebut
mempunyai sifat yang ideal bila mempunyai ciri-ciri :
·
Terbuka untuk diperiksa
·
Mudah dimodifikasi
·
Fasilitas penalaran/penjelasan
Aktivitas yang dilakukan
untuk memindahkan kepakaran adalah sebagai berikut :
·
Akuisisi Pengetahuan (Knowledge
Acquisition)
Ä Adalah akumulasi, transfer,
dan transformasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan
ke dalam program komputer.
Ä Meliputi proses pengumpulan,
pemindahan, dan pemindahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau
sumber pengetahuan terdokumentasi ke program komputer, yang bertujuan untuk
memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (Knowledge Base).
Ä Menurut Tuban (1988),
terdapat tiga metode utama dalam akuisisi pengetahuan, yaitu :
Ø Wawancara
Ø Analisis protokol
Ø Observasi pada pekerjaan
pakar
·
Representasi Pengetahuan (Knowledge
Representation)
Ä Suatu proses untuk menangkap
sifat-sifat penting problema dan membuat informasi tersebut dapat diakses oleh
prosedur pemecahan permasalahan.
Ä Bahasa representasi harus
dapat membuat seorang pemrogram mampu mengekspresikan pengetahuan yang diperlukan
untuk mendapatkan solusi permasalahan.
·
Knowledge Inferencing
·
Knowledge Transfering
Sumber referensi
·
http://asanisembiring.wordpress.com
·
http://falyhz.blogspot.com
·
http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id
siapp kk....
BalasHapus