Selasa, 22 Januari 2013

Sistem Pakar


Sistem Pakar

Sistem Pakar adalah program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Ada juga yang mengatakan bahwa Sistem Pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang berisi kombinasi pemahaman teoritis tentang suatu persoalan heuristik yang dikembangkan oleh manusia untuk dapat memecahkan problema pada suatu domain yang spesifik. Dikembangkan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersil selama 1980-an. Bentuk umum Sistem Pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut.

Tujuan dari sebuah Sistem Pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar ke dalam komputer dan kemudian kepada orang lain. Sistem Pakar terdiri dari 3 komponen utama :
·         Knowledge Base
Ä  Bagian dari sistem pakar yang berisi domain pengetahuan.
Ä  Berisi pengetahuan yang digunakan sistem pakar.
Ä  Terdiri dari 2 elemen dasar :
Ø  Fakta à situasi masalah dan teori yang terkait.
Ø  Heuristik à yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus.
·         Working Memory
Ä  Bagian dari Sistem Pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi.
Ä  Berisi fakta-fakta tentang suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi.
·         Inference Engine
Ä  Processor pada Sistem Pakar yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memory dengan domain pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari masalah yang dihadapi.
Ä  Proses berpikir pada manusia dimodelkan dalam sistem pakar pada modul yang disebut Inference Engine
Ä  Menggambarkan kesimpulan yang dihasilkan oleh Sistem Pakar.

Karakteristik Sistem Pakar dengan perangkat lunak lainnya :

·         Terdapat banyak kemungkinan jawaban
·         Data kabur
·         Heuristik
·         Fasilitas informasi



Sistem Pakar bisa disebut mempunyai sifat yang ideal bila mempunyai ciri-ciri :

·         Terbuka untuk diperiksa
·         Mudah dimodifikasi
·         Fasilitas penalaran/penjelasan

Aktivitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran adalah sebagai berikut :
·         Akuisisi Pengetahuan (Knowledge Acquisition)
Ä  Adalah akumulasi, transfer, dan transformasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan ke dalam program komputer.
Ä  Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan pemindahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi ke program komputer, yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (Knowledge Base).
Ä  Menurut Tuban (1988), terdapat tiga metode utama dalam akuisisi pengetahuan, yaitu :
Ø  Wawancara
Ø  Analisis protokol
Ø  Observasi pada pekerjaan pakar
·         Representasi Pengetahuan (Knowledge Representation)
Ä  Suatu proses untuk menangkap sifat-sifat penting problema dan membuat informasi tersebut dapat diakses oleh prosedur pemecahan permasalahan.
Ä  Bahasa representasi harus dapat membuat seorang pemrogram mampu mengekspresikan pengetahuan yang diperlukan untuk mendapatkan solusi permasalahan.
·         Knowledge Inferencing
·         Knowledge Transfering

Sumber referensi
·         http://asanisembiring.wordpress.com
·         http://falyhz.blogspot.com
·         http://lecturer.eepis-its.edu
·         http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id

1 komentar: