Selasa, 22 Januari 2013

Sistem Informasi Berbasis Komputer


Computer Based Information System
(Sistem Informasi Berbasis Komputer)

Sistem Informasi Berbasis Komputer (Computer Based Information System) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung dalam pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Ada juga yang mengatakan bahwa Sistem Informasi Berbasis Komputer adalah suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Dalam Sistem Informasi Berbasis Komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi.

Beberapa istilah yang terkait CBIS :
·         Data à merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.
·         Informasi à hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
·         Sistem
·         Sistem Informasi
·         Basis Komputer

Subsistem dari Sistem Informasi Berbasis komputer :
·         Sistem Informasi Akutansi
Ä  Sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.
·         Sistem informasi Manajemen
Ä  Bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akutansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis.
·         Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System (DSS))
Ä  Bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
·         Automasi Kantor (Virtual Office)
Ä  Mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
·         Sistem Pakar
Ä  Suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.

Sumber referensi
·         http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/pengertian-cbis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar