Minggu, 20 Januari 2013

Pelayanan Konsumen Yang Harus Dihindari


Pelayanan Konsumen Yang Harus Dihindari

Dalam pekerjaan sehari-hari saya, tak jarang saya berinteraksi dengan beberapa pelanggan (customer) dalam hal pelayanan. Dari pelayanan banyak sekali yang saya temui bermacam-macam pelanggan yang banyak tingkah lakunya. Sebagai pelaku usaha atau pramuniaga, kita benar-benar harus memahami apa yang diinginkan customer sehingga mereka puas terhadap layanan yang diberikan. Berikut ini akan diberikan beberapa pelayanan konsumen yang harus dihindari jika kita akan bersentuhan langsung dengan customer :
·         Bersikap acuh terhadap konsumen yang datang
Ä  Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengusaha adalah bersikap acuh terhadap konsumen. Ini adalah hal yang sangat tidak dianjurkan sebagai pramuniaga. Sebab dengan anda melakukan hal seperti ini maka mereka akan merasa tidak betah berada di tempat dagang kita. Biasakanlah dengan menggunakan sapa dan senyum sehingga konsumen merasa nyaman di tempata dagangan kita. Jika konsumen merasa diacuhkan maka mereka akan merasa tidak nyaman berada di tempat kita.
·         Memberikan pelayanan yang terlalu lama
Ä  Pelayanan terlalu lama juga membuat konsumen menjadi tidak nyaman. Bahkan tidak sedikit konsumenn yang pergi dari tempat usaha anda karena pelayanan yang terlalu lama. Konsumen menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, kita sebagai pelaku usaha harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar konsumen merasa puas atas pelayanan yang diberikan.
·         Mengusir konsumen secara halus ketika toko hendak tutup
Ä  Kondisi seperti ini sering ditemui pada supermarket atau hypermarket yang mempunyai jam operasional yang terbatas. Meskipun waktu tutup toko sudah tiba tidak seharusnya anda mengusir konsumen secara halus (misal dengan mematikan sebagian lampu toko). Tindakan seperti ini ternyata tidak disukai oleh pelanggan, karena mereka menilai bisnis anda hanya beroperasi berdasarkan pada patokan waktu tertentu, bukan mengatasnamakan komitmen anda untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.
·         Mengesampingkan keluhan pelanggan
Ä  Menghadapi keluhan pelanggan tentunya menjadi salah satu resiko kerja yang perlu anda hadapi sebagai pelaku pasar. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali mengesampingkan keluhan yang mereka sampaikan, apapun memberikan solusi alternatif melalui birokrasi yang berbelit-belit. Sebab, pelayanan seperti itu hanya akan meningkatkan kekecewaan para pelanggan yang tentunya akan memberikan dampak negatif juga bagi bisnis anda bila mereka menceritakan masalah ini pada orang lain.
·         Melupakan ucapan terima kasih
Ä  Meskipun kalimat ini terlihat sangat ringan dan mudah diucapkan, namun tak jarang para pramuniaga maupun pelaku usaha melupakannya setiap melayani konsumennya. Padahal, ucapan terima kasih bisa menimbulkan penilaian positif dari para konsumen, sehingga mereka merasa dihargai dan tidak segan-segan untuk kembali berbelanja di toko anda.
Itulah hal-hal yang perlu dihindari dalam pelayanan kepada komsumen. Sebab inti dari pelayanan konsumen adalah agar mereka puas oleh pelayanan kita sehingga merka dapat datang lagi dalam bisnis kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar