Otomatisasi Kantor (Office Automation)
Otomatisasi Kantor merupakan
sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses
pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktivitas pekerjaan. Otomatisasi
Kantor adalah suatu aplikasi perkantoran dan perusahaan yang biasanya dalam
satu aplikasi terdapat beberapa sistem.
Otomatisasi Kantor digunakan
oleh semua yang bekerja di kantor. Ada empat kategori yang memakainya, yaitu :
·
Manager à orang yang bertanggung jawab
mengelola sumber daya perusahaan.
·
Professional à tidak mengelola orang
tetapi menyumbangkan keahlian khususnya.
·
Sekretaris à biasanya ditugaskan pada
pekerja didik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas.
·
Pegawai Administratif à melaksanakan tugas-tugas
untuk sekretaris.
Aplikasi Office Automation dan penerapannya
·
Pengolah Kata à penggunaan alat elektronik
yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan
dokumen yang dicetak.
·
Surat Elektronik (E-Mail) à penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan, dan menerima
pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
·
Voice Mail à hampir sama dengan E-Mail
tetapi pesan dikirim dengan mengucapkan ke dalam telepon.
·
Kalender Elektronik à penggunaan jaringan
komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer.
Beberapa keuntungan aplikasi
Office Automation
·
Dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena tidak dilakukan
dengan manual.
·
Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam alur
kerja yang terkait dapat dimonitor serta waktu yang dibutuhkan dalam memproses
suatu pekerjaan menjadi lebih cepat.
·
Aplikasi Office
Automation dapat mengurangi biaya penggunaan kertas dan beberapa alat
kantor lainnya yang berhubu ngan dengan proses manual.
·
SDM dapat lebih fokus pada proses bisnis
Sumber Referensi
·
http://mbaknol.com
·
http://sastrimulia.blogspot.com/2010/10/sistem-automasi-kantor-daftar-isi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar