Selasa, 15 Januari 2013

BIOS


BIOS (Basic Input Output System)

BIOS atau biasa yang dikenal dengan Basic Input Output System merupakan kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut :
1.      Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan POST (Power On Self Test)).
2.      Memuat dan menjalankan sistem operasi.
3.      Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer.
4.      Membantu sistem operasi & aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS runtime services.
BIOS merupakan tingkatan terendah dari perangkat lunak yang mengkonfigurasi atau memanipulasi perangkat lunak. BIOS umumnya dibuat dengan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Dalam BIOS terdapat beberapa komponen dasar :
·         Program BIOS Setup à yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe hard disk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan.
·         Driver à untuk perangkat-perangkat keras dasar dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit.
·         Program Bootstraper Utama à yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.
Referensi
©  agussale.com/tahukah-anda-apa-itu-bios
©  id.wikipedia.org/wiki/BIOS
©  pengertianbiosdanjenis-jenisnya.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar