Jumat, 09 November 2012

algoritma


Algoritma

            Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah tersebut diterjemahkan dari awal hingga akhir secara bertahap. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Algoritma akan selalu dapat berakhir untuk semua kondisi awal yang terpenuhi. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam bahasa pemrogaman apapun.
            Desain & analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma itu sendiri. Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah.
            Terdapat beragam klasifikasi algoritma dan setiap klasifikasi mempunyai alasan tersendiri. Salah satu cara adalah dengan memperhatikan paradigma dan metode yang digunakan untuk mendesain algoritma tersebut. Beberapa paradigma yang digunakan dalam menyusun algoritma adalah :
·         Divide and Conquer à membagi permasalahan yang besar menjadi permasalahan yang kecil.
·         Dynamic Programming à digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal.
·         Metode Serakah à menggunakan piliham yang terbaik.
Referensi
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma
·         http://makcum-abdu.blogspot.com/2012/05/pengenalan-algoritma-dan-pemrograman.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar