Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas 1


Nama   : Nur Rahmat
Kelas   : 2 KA 43
NPM   : 15111321

Teori Organisasi Umum 1

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi?
Jb.
Pengertian organisasi menurut para ahli
·         Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. (menurut Stoner)
·         Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. (menurut James D. Mooney)
·         Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. (menurut Chester I. Bernard)
·         Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. (menurut Stephen P. Robbins)

2.      Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses?
Jb.
Karena di dalam organisasi terdapat wadah untuk menjalankan kegiatan-kegiatan administrasi dan kegiatan-kegiatan manajemen. Sedangkan organisasi juga dapat dikatakan sebagai proses adalah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan bersama.

3.      Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing-masing dan berikan contohnya?
Jb.
·         Organisasi Formal adalah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang atau masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaannya, akuntabilitas dan tanggung jawabnya serta memiliki kekuatan hukum.
Contoh : perusahaan besar, badan-badan pemerintah
·         Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : undangan makan malam, arisan ibu-ibu

4.      Ceritakan pengalaman pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal?
Jb.
à dalam pekerjaan yang mempunyai organisasi formal saya menduduki jabatan staff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar