Jumat, 05 Oktober 2012

Definisi Database


Nur Rahmat
15111321
2 KA 43

BASIS DATA/DATABASE

Basis Data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Ada juga yang mengartikan Basis Data adalah kumpulan data yang saling berhubungan, hubungan antar data dapat ditujukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam.

Para ahli telah meneliti dan memberikan pengertian dari Basis Data
·         Menurut Chou, Database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tata cara yang khusus.
·         Menurut Stephens & Plew, Database adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data.
·         Menurut Silberschatz, Database adalah kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.
·         Menurut Gordon C. Everest, Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
·         Menurut Bambang Hariyanto, Database adalah kumpulan data (elementer) yang secara logik berkaitan dalam mempresentasikan fenomena/fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu.

Referensi
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data
·         nanisianipar.blogspot.com
·         http://putrantorendhyyahoocoid.blogspot.com/2010/11/beberapa-definisi-tentang-database.html
·         http://ummu-hasanah.blogspot.com/2012/02/pengertian-basis-data-menurut-beberapa.html

2 komentar:

  1. gan bs minta tolong ksh tau link buku tntang para ahli databse buku tahun 2008 ng,btuh bnget ne pls ... trima kasih..

    BalasHapus