Selasa, 25 Juni 2013

Formasi Dalam Sepak Bola

Formasi Dalam Sepak Bola




Dalam permainan sepak bola, tentu tak lepas dari taktik, strategi, dan formasi yang akan digunakan. Formasi dalam sepak bola menentukan posisi pemain. Dari mulai pemain belakang hingga pemain depan. Sudah banyak modifikasi-modifikasi yang ada pada tiap formasi. Untuk saat ini mari kita bahas beberapa formasi yang digunakan dalam sepak bola.
1.      4-4-2
Ä  Formasi ini adalah formasi yang lazim dalam sepak bola. Menempatkan 4 barisan belakang, 4 barisan pemain tengan, dan 2 penyerang tengah.
Ä  Dalam 4 pemain belakang terbagi menjadi 2 bek tengan (centre back) dan 2 bek sayap (wing back).
Ä  Sedangkan untuk pemain tengah dibagi menjadi 2 gelandang bertahan (Defensive Midfielder) dan 2 pemain sayap (Side Midfielder)
Ä  Terkadang formasi ini mengalami modifikasi seperti berikut ini :
·         4-4-1-1
à Disini terdapat perbedaan dalam sektor penyerangan. Dimana dalam sektor penyerangan ada yang menjadi seorang second striker, yang terdapat persis di belakang penyerang utama. Tugas dari seorang second striker adalah untuk mencari celah yang bisa digunakan dalam penyerangan.
·         4-3-1-2
à Di dalam formasi tersebut terdapat perbedaan pada sektor pemain tengah. Formasi ini mempunyai 3 pemain tengah yang terbagi menjadi 1 pemain sebagai gelandang bertahan (defensive midfielder) dan 2 pemain sebagai gelandang tengah (centre midfielder) atau terkadang 2 pemain ini menjadi gelandang sayap. Sedangkan 1 orang disini sebagai seorang playmaker atau attacking midfielder atau seorang pengatur tempo permainan.
à Terkadang seorang gelandang bertahan dalam formasi ini bisa menjadi seorang pengatur tempo permainan yang biasa disebut deep lying playmaker. Seorang Andrea Pirlo merupakan salah satu yang terbaik.
2.      4-5-1
Ä  Formasi ini merupakan formasi yang banyak juga digunakan dalam sepak bola. Tetapi tidak baku formasi ini yang digunakan, tetapi mempunyai beberapa modifikasi di bagian pemain tengah. Mari kita bahas satu-persatu
·         4-3-2-1
à Formasi ini bisa disebut juga formasi cemara karena formasi ini berbentuk pohon cemara. Dalam formasi ini mempunyai 3 gelandang bertahan dan 2 orang playmaker. Formasi ini biasa digunakan untuk memenangkan duel perebutan bola di area tengah.
·         4-2-3-1
à Formasi yang sangat banyak digunakan di negara Jerman ini mengusung 2 orang gelandang bertahan dan 3 orang gelandang serang. Terkadang 3 orang gelandang serang itu bertransformasi menjadi 1 orang sebagai playmaker dan 2 orang menjadi pemain sayap.
3.      4-3-3
Ä  Formasi ini adalah formasi dari tim Barcelona dan juga formasi dari tim negara Spanyol. Formasi ini menggunakan 3 pemain tengah dan 3 penyerang. Dalam 3 pemain tengah tersebut terdapat 1 orang gelandang bertahan dan 2 orang pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan dan juga gelandang box-to-box. Dalam sektor penyerangan terdapat 3 pemain depan yang mempunyai tugas yang berbeda. 2 diantaranya berguna sebagai penyerang sayap dan yang 1 bertugas sebagai penyerang murni.
4.      3-5-2
Ä  Formasi ini adalah formasi yang digunakan oleh Juventus. Formasi ini menekankan penguatan dalam pemain tengah. Dalam pemain tengah terdapat 5 orang yang mempunyai tugas diantaranya 3 bermain sebagai penjaga keseimbangan lini tengah dan 2 diantaranya bertugas sebagai pemain sayap. Dalam formasi ini, pemain sayap dituntut mempunyai stamina yang kuat. Karena untuk melindungi 3 pasangan bek re
5.      3-4-3
Ä  formasi ini menggunakan 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 3 penyerang murni.

referensi
·         http://gilasport.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar